Jelajah Wisata Tanah Toraja Kuburan Kuno


WisataDunia - Website purbakala bersejarah menyebar di tiap-tiap tempat di Tana Toraja. Alam Toraja memberikan keindahan seperti dari mulai lembahnya yang hijau, hamparan terasering sawah, serta sungai yang membelah perbukitan. 

Kebiasaan kuno jadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke salah satunya kota di Sulawesi Selatan ini. Anda dapat lihat rumah kebiasaan Tongkonan, website pemakaman di tebing serta lingkaran batu megalitikum, serta melihat beragam kebiasaan kebiasaan ciri khas Tana Toraja. 

Kebiasaan magis waktu masih dijaga oleh orang-orang asli Toraja. Tidak komplit bila ke Toraja tanpa ada bertandang ke sebagian object wisata yang disebut kuburan kuno. Tersebut sebagian pilihan wisata kuburan di Tana Toraja. 

Baca Juga: Cara Atasi Masa Haid Anda Secara Aman Dan Alami


Lemo

Lemo 

Terdapat 9 km dibagian utara Kota Makale. Wisata ini adalah kuburan batu pahat menjadi website pemakaman purba untuk kepala-kepala suku Toraja pada saat kemarin. Seperti di object pemakaman yang lain, ada patung-patung menjadi lambang dari beberapa orang yang dimakamkan. Makam ini baiknya didatangi saat pagi hari waktu matahari tengah menyinari muka tebing.

Sirope

Sirope 

Terdapat 6 km dari Kecamatan Makale Utara. object ini adalah pemakaman batu pahat di tebing-tebing batu kapur, erong dengan sebagian patung. Kompleks pemakaman ini adalah punya golongan bangsawan di seputar lokasi Lion serta Tondok Iring. Ada jalan naik ke puncak untuk melihat panorama yang indah di seputar lokasi itu.

Suaya

Suaya 

Terdapat 9 km arah timur Makale di Kecamatan Sangalla. Disini ada pemakaman kerajaan di tebing-tebing baru dengan sebagian patung (tau-tau) juga peti berukir purba dari kayu yang dimaksud erong. Makam batu ini dipersembahkan untuk Puang Tamboro Langi’ serta keturunannya. Bersisihan dengan sebagian batu megalitik. Pemakaman ini adalah punya raja-raja Sangalla.

Tampang Alo

Tampang Alo 

Tampang Alo terdapat di Kecamatan Sangalla berjarak 12 km dari Kota Makale, ibu kota Toraja. Object ini ialah goa alam dengan peti mati kuno serta patung-patung punya bangsawan ditempat. Juga ada kuburan bayi dalam suatu pohon yang hidup di Sarapung.

Landan 

Tondok Iring Teletak di Tondok Iring Kecamatan Makale Utara seputar 6 km arah timur Kota Makale. Tempat ini adalah kuburan bati pada pohon hidup yang berusia beberapa ratus th.. Orang-orang sudah sempat jadikan pohon lamba menjadi tempat penguburan bayi yang belumlah tumbuh gigi karena memandang mereka masih tetap suci. 

Londa 

Wisata kuburan yang lain di Toraja yakni di Desa Sandai Uai, Kecamatan Sanggalangi, Kabupaten Toraja Utara. Londa ialah bebatuan curam yang jadikan makam ciri khas Tana Toraja. Di dalamnya diisi peti mati, tulang serta tengkorak jenazah, sesajen untuk orang yang telah mati. Juga ada patung-patung menjadi lambang orang yang sudah dimakamkan disana. 
Share:

No comments:

Post a Comment