6 Tempat Wisata Yogyakarta Yang Akan Disinggahi Kirab Api Obor Asian Games


WisataDunia - Sesudah api kekal India serta Mrapen dikumpulkan pada ‘Torch Relay Concert Asian Games 2018’ di Candi Prambanan, Jawa Tengah, Rabu (18/7/2018), api obor itu dibawa kembali bermalam di Yogyakarta. 

Di hari Kamis (19/7/2018), api obor Asian Games akan dibawa lari oleh 50 pelari di setiap titiknya melingkari Yogyakarta, diawali dari Monumen Tugu Yogyakarta. Tersebut beberapa object wisata yang dilalui api obor Asian Games 2018 di Yogyakarta.

Baca Juga: Cara Atasi Hidung Tersumbat Disaat Anda Sedang Pilek


Tugu Yogyakarta

Tugu Yogyakarta 

Pelari yang membawa api obor akan mengawali perjalanannya dari Tugu Yogyakarta pada jam 07. 10 WIB. Tugu pal putih Yogyakarta ini begitu popular. Tempat strategis di dalam persimpangan Jalan Margo Utomo, Jalan Soedirman, Jalan AM Sangaji, serta Jalan Diponegoro ini tentu dilalui waktu bertandang ke Yogyakarta. 

Konon, tugu ini mempunyai lambang penunjuk arah pada Gunung Merapi, Keraton Yogyakarta serta Laut Selatan. Sering wisatawan ber-swafoto di Tugu Yogyakarta, tetapi Anda mesti waspada karena letaknya ada di dalam persimpangan jalan paling utama. 

Lokasi wisata Malioboro

Lokasi wisata Malioboro 

Object wisata setelah itu yang akan dilalui oleh pelari merupakan Lokasi Wisata Malioboro pada pukuk 07. 34 WIB. Malioboro adalah nama jalan yang membentang dari Tugu Yogyakarta hingga sampai perempatan Kantor Pos Yogyakarta. 

Malioboro tetap ramai wisatawan yang akan belanja oleh-oleh ciri khas Yogyakarta. Penjual ramai menjual dagangan ciri khas Yogyakarta, seperti aksesori batik, makanan, serta oleh-oleh ciri khas Yogyakarta. Ada banyak juga delman atau becak untuk membawa Anda berkeliling-keliling nikmati situasi Kota Yogyakarta.

Museum Bank BNI

Museum Bank BNI 

Pada jam 07. 41 pelari api obor akan melalui depan Museum bank BNI yang terdapat di 0 Km. Yogyakarta, tempatnya ada di ujung selatan lokasi Malioboro. 

Lokasi 0 km. ini persisnya di sekitar museum bank BNI tetap ramai oleh orang-orang serta wisatawa karena lokasi ini dikelilingi beberapa object wisata histori Yogyakarta. 

Museum bank BNI waktu memakai gedung peninggalan belanda yang sekarang ini juga berperan menjadi kantor BNI 46. Dahulu gedung ini dipakai menjadi gedung Asuransi Nill Maattschppij serta Kantor de Javasche Bank. 

Sudut Benteng Kulon

Sudut Benteng Kulon 

Pelari akan hingga sampai pada cek poin setelah itu yaitu Sudut Benteng Kulon pada jam 08. 32 WIB. Komplek Keraton Yogyakarta menjadi suatu kerajaan dikelilingi oleh benteng pelindung yang kuat bernama Benteng Baluwerti. 

Benteng ini mempunyai empat pojok bastion atau umum dimaksud Sudut Benteng dahulu dipakai untuk mengintai musuh. Sekarang ini cuma tersisa tiga Sudut Benteng, diantaranya merupakan Sudut Benteng Kulon disamping barat yang akan dilalui oleh pelari api obor. 

Alun-alun Kidul

Alun-alun Kidul 

Yogyakarta Pada jam 08. 49 pelari akan melalui alun-alun kidul populer dengan ritual Masangin, yakni berjalan diantara ke-2 beringin dengan mata tertutup. Konon, bila sukses melalui dua beringin impian Anda akan terkabul. 

Saat malam hari, Alun-alun kidul berupa lapangan rumput luas di selatan Keraton Yogyakarta ini tetap ramai pengunjung. Ada juga becak, odong-odong serta sepeda dengan lampu warna-warni yang dapat Anda sewa.

Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta 

Api obor Asian Games akan akhiri perjalanannya berkeliling-keliling Yogyakarta di Keraton Yogyakarta pada jam 09. 08 WIB. Keraton adalah rumah Sri Sultak Hamengkubuwono X sebagai Raja Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Anda dapat nikmati wisata histori di sini dengan ticket masuk yang dapat dijangkau. Anda dapat berkeliling-keliling lokasi Keraton serta lihat beberapa benda bersejarah yang di pamerkan dibeberapa ruang di sana. Jam operasional untuk wisata Keraton mulai 08. 00 WIB hingga sampai 14. 00 WIB. 
Share:

No comments:

Post a Comment