Jelajah Liburan Anda Di Geopark Ciletuh Dengan Hiking Ataupun Snorkeling


Jelajah Liburan Anda Di Geopark Ciletuh Dengan Hiking Ataupun Snorkeling

Lifestyle - Bila bertandang ke Sukabumi, Anda harus berkunjung ke Geopark Ciletuh. Taman bumi itu bergitu indah dengan komposisi batuan purba, air terjun, pantai, sawah, serta perbukitan. Dengan luas keseluruhan 126. 100 hektar, wisatawan dapat nikmati Ciletuh dengan beragam langkah. 

Dari mulai berfoto, memancing, hiking, sampai snorkeling. KompasTravel pernah mengunjung sebagian spot wisata di geopark itu, Minggu (23/6/2018), tersebut ikhtisar tujuh kesibukan seru di Geopark Ciletuh. 

Berenang 

Geopark Ciletuh meliputi teluk besar Ciletuh yang mempunyai beberapa puluh km. garis pantai. Anda bebas pilih pantai mana yang pas untuk berenang. Dari mulai pantai lokasi Kecamatan Ciemas, hingga mendekati Kecamatan Jampang, Sukabumi. 

Berenang di pantai-pantai Geopark Ciletuh tak dipakai cost, cuma saja Anda mesti betul-betul pilih mana pantai yang layak untuk berenang. Satu diantara cirinya yang telah dikelola oleh orang-orang atau Balawista (Tubuh Penyelamat Wisata Tirta). 

Terkecuali di pantai, Anda dapat juga berenang di curug-curug Geopark Ciletuh. Ada kian lebih delapan curug yang telah di buka untuk wisatawan. Diantaranya Curug Dog-dog, Curug Cimarinjug, Curug Awang, Curug Cikaret serta yang lain. Anda juga sangatlah butuh memperhatikan keamanan waktu berenang di curug, lantaran terdapat banyak curug yang arusnya sangat deras. Seperti Curug Dog-dog serta Curug Cikaso. 

Baca: Tempat Destinasi Wisata Terindah Di Dunia


Jelajah Liburan Anda Di Geopark Ciletuh Dengan Hiking Ataupun Snorkeling

Berkemah (Camping) 

Berkemah jadi satu diantara alternatif bila Anda bermalam di Ciletuh, terkecuali pastinya menyewa homestay. Wisatawan dapat berkemah di pantai-pantai yang sudah di buka untuk wisatawan, maupun sebagian ruang komersil untuk berkemah. 

Anda dapat pilih lokasi bibir pantai yg tidak berbayar. Namun konsekwensinya, mesti berebut tempat sejuk serta aman, seperti di Pantai Palangpang. Ada pula pilihan tempat spesial berkemah yang dikelola petugas. Dengan membayar kisaran Rp 20. 000 semalam, Anda dapat berkemah dengan panorama pantai, pegunungan, serta sawah yang cantik. 

Hiking serta Trackking 

Untuk nikmati sebagian curug, wisatawan butuh jalan menanjak diantara rimbunnya pohon-pohon. Trackking berbarengan rekan maupun wisatawan lainnya di dalam situasi yang alami nan menyejukkan mesti Anda cobalah disini. 

Satu diantara curug yang butuh dijangkau dengan mendaki adalah Curug Sodong serta Curug Cikanteh. Keindahan serta kesegaran air terjun juga sudah menunggu Anda jadi obat capek sesudah mendaki. " Bila ingin ke Curug Cikanteh, naik dahulu dari Curug Sodong hiking ke Curug Cikanteh, " tutur Rani, warga seputar geopark sesudah bertandang kesana pada KompasTravel. 

Snokeling serta Diving 

Terkecuali di permukaan, keindahan Geopark Ciletuh ada juga dibawah lautnya. Untuk menikmatinya Anda dapat snorkeling di spot pasir putih Pulau Kunti, seputar 10 menit dari bibir pantai paling utama geopark. Pengelola snorkeling disini adalah dari Balawisata setempat. 

Mereka menyewakan perlengkapan, dan memandu wisatawan waktu perjalanan sampai waktu snorkeling. Untuk menikmatinya Anda butuh membayar Rp 100. 000 1x snorkeling seputar 45 menit. 

" Ada dua titik selam disini yang telah dapat dibuktikan bagus, ikannya banyak terlebih pada pagi hari, tinggal bawa roti saja, " papar Daniel, ketua pengelola dari Balawisata Pos 16, Geopark Ciletuh-Pelabuhan Ratu, Sukabumi. 

Sedang untuk diving, pihak Balawista tengah menyiapkan lisensi buddies, atau pendamping selam, untuk mengakomodir wisatawan di di air. Sesudah siap, baru bakal di buka wisata diving disana. 

Memancing 

Memancing jadi satu diantara langkah nikmati keindahan pantai-pantai di Geopark Ciletuh. Tetapi tak semuanya pantai jadikan spot memancing. Cuma pantai yang sepi pengunjung serta banyak karang. " Ikan laut ikan karang umumnya banyak sembunyi di karang, janganlah yang beberapa orang renang, " papar Kivlan, wisatawan asal Bogor yang tengah memancing di Pantai Cisaar. 

Watersport 

Anda dapat juga nikmati pantai dengan sebagian berolahraga air. Sampai sekarang ini Balawista disana baru memfasilitasi wisatawan untuk seperti serta banana boat. 

1x bermain untuk banana boat yakni Rp 30. 000 untuk satu orang, dengan waktu 15 menit. Tempatnya di pantai paling utama Geopark Ciletuh, yakni Pantai Palangpang. 

Berfoto Ria 

Banyak spot photo menarik di luasnya lokasi Geopark Cietuh. Dari mulai spot berlatarkan curug, tebing, pesawahan, sampai pesona keindahan Teluk Ciletuh. Sebagian spot photo diatas bukit telah dikelola orang-orang. 

Seperti Puncak Darma dengan panorama ke lautan serta pegunungan, ada pula Puncak Panieungan, Puncak Gebang, Puncak Panenjoan, serta banyak sekali lagi. Anda cuma butuh membayar Rp 3. 000 untuk masuk serta berfoto sepuasnya, namun ada pula yang membayar seikhlasnya. 
Share:

No comments:

Post a Comment